Kelengkapan Syarat Melamar Kerja

Salam Bloger Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ), bagi para pelamar kerja Kelengkapan Syarat Melamar Kerja sudah pasti dibutuhkan dalam melamar kerja. Setelah lulus kuliah atau lulus SLTA sebagian orang disubukkan untuk mencari pekerjaan baik di instansi pemerintah maupun di perusahaan swasta. Ada juga yang memilih membuka usaha sendiri, tapi hal itu membutuhkan modal dan keahlian. Tanpa keahlian yang memadai bisa-bisa modal yang dikeluarkan habis ditengah jalan tanpa hasil yang sesuai harapan. Oleh karena itu hanya sedikit lulusan S1, D3 ataupun SLTA yang memilih berwirausaha sendiri.

Bagi yang ingin bekerja di instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta juga tidak mudah seperti yang dibayangkan, tidak sebandingnya tenaga kerja dengan lowongan pekerjaan yang ada membuat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan menjadi tidak sehat. Sebagaimana tulisan kami sebelumnya bahwa tidak sedikit pelamar yang rela mengeluarkan uang sogok demi lamaran pekerjaannya diterima, bila yang terjadi seperti ini maka persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sudah tidak sehat lagi.

Namun jangan dulu patah semangat, tidak semua rekrutmen pegawai dilakukan dengan sistem sogok. Banyak juga penerimaan pegawai yang dilakukan dengan sportif dan transparant. Namun persaingan dalam hal ini pun cukup berat, banyak tenaga-tenaga terampil dan fresh yang menjadi saingan kita.

Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah Anda dalam proses melamar pekerjaan, setidaknya Anda telah memiliki kelengkapan persyaratan melamar kerja standar yang harus dipenuhi. Pada kesempatan ini akan disajikan syarat dan kelengkapan dokumen apa saja yang harus dipenuhi seorang pelamar kerja.

1. Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)
Buatlah surat lamaran yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tuju dengan kalimat yang baik dan menggunakan bahasa formal, tidak bertele-tele dan jelas. Bila membutuhkan contoh Anda bisa melihat pada tulisan sebelumnya mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja.

Disamping surat lamaran kerja yang menjadi persyaratan utama adalah Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup, pada dokumen ini berisi gambaran diri Anda termasuk profil pribadi, pengalaman kerja, prestasi dan lain-lain. Bila membutuhkan contoh Anda bisa melihat pada link berikut Contoh Membuat Curriculum Vitae (CV)

2. Fotokopi Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.
Sebaiknya Anda telah mempersiapkan fotocopy ijazah atau sertifikat keahlian yang sudah dilegalisir lengkap dengan transkrip nilainya, hal ini sebagai penunjang dari Curriculum Vitae yang Anda isi. Untuk itu ketika melegalisir ijazah atau sertifikat keahlian usahakan dibuat agak banyak karena sering diperlukan dalam dokumen kelengkapan persyaratan melamar pekerjaan.

3. Fotokopy KTP
Perhatikan apakah masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis, segera perpanjang masa berlaku KTP ke Kelurahan bila sudah habis. Fotokopi secukupnya karena sering dipergunakan dalam proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertera pada surat lamaran pekerjaan maupun CV sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP

4. Pasfoto
Biasanya instansi yang membuka lowongan kerja meminta pasfoto dengan beberapa kriteria seperti ukuran, busana yang dikenakan dan latar belakang pasfoto. Oleh karena itu sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm dan usahakan saat foto Anda mengenakan jas dan dasi bagi laki-laki dan blazer bagi wanita, kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru. Tapi tidak ada salahnya juga dipersiapkan latar belakang putih dan pasfoto hitam putih dengan ukuran seperti tersebut di atas.

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
SKCK atau dulu dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik juga merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam proses penerimaan lamaran pekerjaan, untuk itu persiapkan juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir karena biasanya masa berlaku SKCK adalah 6 bulan.

6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski biasanya persyaratan ini baru dilengkapi setelah lulus pada tahap awal proses rekrutmen tapi tidak ada salahnya bila Anda telah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.


7.Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya wajib dimiliki pelamar kerja terutama di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini berfungsi untuk mengetahui data jumlah tenaga kerja di Indonesia, apabila pemilik kartu belum mendapat pekerjaan maka setiap 6 bulan sekali wajib melapor dan akan diberikan informasi instansi mana yang masih membuka lowongan pekerjaan. Masa berlaku kartu kuning ini selama 2 tahun. Untuk itu diusahakan mengurus kartu kuning ini ke Kemenakertrans. 
Meskipun masih banyak persyaratan lainnya yang belum diuraikan secara lebih rinci seperti pengalaman kerja, bukti hasil penelitian dan lain-lain minimal Anda telah memiliki persyaratan standar untuk melamar pekerjaan.


Demikian info mengenai Kelengkapan Syarat Melamar Kerja semoga bermanfaat.



Sumber : http://www.infonews.web.id
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kelengkapan Syarat Melamar Kerja"

Video Bar

Loading...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...