Install SO Windows XP, Windows 7, Windows 8 dengan Norton Ghost

Norton Ghost

Menginstall komputer dengan OS XP melalui CD, udah biasa. Kalau kita Install komputer dengan OS XP melalui USB, udah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Menginstall komputer dengan OS 7 melalui CD, bagi yang belum bisa ada artikelnya di blog Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) lengkap dengan gambarnya. dan tahun ini lagi buming windows baru, yaitu Windows 8, langkah installasinya sudah saya bahas juga. dan lengkap dengan gambar. 

Nah kalau Install SO Windows XP, Windows 7, Windows 8 dengan Norton Ghost.  Itu baru hal yang beda. Maksudnya gimana? jadi install komputernya itu seperti kita lagi kopy paste, nah bingung kan, Ok simak dulu study kasus dibawah ini, biar paham.

Study Kasus
Saya punya proyek untuk membuat warnet dengan jumlah komputer 10 unit dengan spesifikasi matherboard/CPU yang sama, nah pada saat akan installasi komputer tersebut pasti membutuhkan waktu yang lumayan lama, untuk install OS nya saja 1 komputer minimal 1 jam, belum untuk installasi software aplikasi yang lain, saya perkirakan 1 komputer 2 jam. kalau kita kalkulasikan berarti :

1 Unit komputer = 1 Jam installasi OS + 2 jam Installasi Software
Watu yang dibutuhkan = 3 Jam
10 Unit komputer = 3 jam@1 PC X 10 Unit PC
Total waktu yang dibutuhkan = 30 jam.

Dari waktu yang dibutuhkan seperti di atas maka sudah dipastikan bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan perakitan 10 unit komputer membutuhkan 2 hari kerja, menurut saya adalah pekerjaan yang sangat lama. Bagimana kalau kita dihadapkan dengan 20 unit komputer apakah kita harus membutuhkan waktu yang lebih lama lagi ? tentu tidak, disinilah solusinya Install SO Windows XP, Windows 7, Windows 8 dengan Norton Ghost

Agar mempersingkat waktu perakitan dan installasi software seperti permasalahan tersebut di atas maka Norton Ghost solusinya untuk membantu kita dalam mempersingkat waktu tersebut dengan cara melakukan cloning hard disk.

Jadi prosesnya adalah, kita hanya melakukan installasi pada sebuah PC/hard disk saja, sedangkan untuk PC/hard disk yang lainnya tinggal di cloning menggunakan Norton Ghost.

Persyaratan untuk Melakukan Ghost

  1. PC yang akan di Ghost harus memiliki tipe Motherboard yang sama
  2. Software Norton Ghost / Hiren's BootCD

Ada beberapa pilihan dalam melakukan Ghost
  1. Ghost Disk To Image --> Baca Selengkapnya untuk langkah-langkahnya
  2. Ghost Disk To Disk --> Baca Selengkapnya untuk langkah-langkahnya
  3. Ghost Partisi To Image --> Baca Selengkapnya untuk langkah-langkahnya
  4. Ghost Partisi To Partisi--> Baca Selengkapnya untuk langkah-langkahnya
Pilihan diatas tergantung dengan kebutuhan yang dibutuhkan sobat.
Semoga Artikel ini bermanfaat bagi semuanya, terutama sobat Bloger Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). dan jangan lupa komentar dan like nya.





Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Install SO Windows XP, Windows 7, Windows 8 dengan Norton Ghost"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...