Simple Library Application Part 5 Input Data







Java Database Connectivity (JDBC) adalah suatu fungsi dalam java yang menghubungkan aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa Java dengan database. JDBC adalah versi ODBC yang dibuat oleh Sun Microsystem. JDBC dibangun dengan Java API dapat digunakan untuk lintas platform dan didasarkan pada X/Open SQL Level Interface.

Dengan menggunakan JDBC API, database dari vendor-vendor ternama seperti Oracle, Sysbase, dan lain-lain dapat diakses. Kita dapat melakukan pengiriman perintah-perintah SQL RDBMS. Kelas-kelas serta interface-interface JDBC API dapat diakses dalam package java.sql (core API) atau javax.sql(standard extension API).

Untuk dapat mengakses database di server kita membutuhkan driver. Setiap server dari vendor yang berbeda mempunyai driver yang berbeda-beda. Driver dapat diunduh di alamat http://www.oracle.com/technetwork/database/features/jdbc/index-091264.html

Pada Netbeans 6.9.1 sudah terdapat beberapa driver yang dapat digunakan langsung. Di antaranya ialah Java DB, MySQL, dan PostgreSQL. Untuk menggunakannya, tinggal klik kanan pada folder library pada project yang dibuat, lulu pilih driver yang akan kita pakai.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Simple Library Application Part 5 Input Data"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...